Fakfakka.go,id,   Wakil Bupati Fakfak Yohana Dina Hindom, SE, MM. menutup secara resmi pelaksanaan Musbaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-10 Tingkat Kabupaten Fakfak Tahun 2023 yang  berlangsung  selama 4 (empat)  hari mulai  Senin  25/09/2023  s/d  Kamis 28/09/2023  bertempat di halaman SD Inpres Kampung Werpigan, Distrik Wartutin.

Wakil Bupati  Yohana Dina Hindom, SE, MM dalam sambutannya mengatakan MTQ  mempunyai nilai Strategis dalam rangka pembangunan Sumber Daya Manusia Unggul, karena mengajak seluruh umat Muslim untuk lebih dekat pada Alqur’an. MTQ merupakan salah satu moment atau forum bagi  umat Islam untuk mengimplementasikan Alqur’an dengan  membaca dan memahami isinya.  Bacaan yang bagus, hafalan yang lancar dan pemahaman yang benar telah disajikan pada MTQ ini, ucap  wakil Bupati. Menurut Wakil Bupati, melalui MTQ dapat mendorong para generasi muda untuk meningkatkan kualitas bacaan, hafalan, pemahaman alqur’an sudah barang tentu kita semua berharap akan lahir generasi Emas yang hatinya terikat  dengan Alqur’an dan mampu terus berinofasi dengan tekonologi untuk kemaslahatan umat dan bangsa.

Labih lanjut Wakil Bupati mengatakan  Pelaksanaan MTQ merupakan wahana dalam rangka memacu pengembangan Tilawatil, hafalan,  pendalaman isi kandungan alqur’an sehinga upaya yang telah kita lakukan tidak boleh berhenti sampai disini.  Kegiatan yang bersifat  kolosal dan sarat Dengan syariat Islam akan menjadi sangat bermanfaat apabila meninggalkan bekas ditengah –tengah masyarakat. Untuk itu diperlukan perhatian, keterlibatan dan tanggung jawab seluruh komponen umat dan jajaran pemerintah agar penyelenggaraan kegiatan  seperti ini selalu didukung dan diselenggarakan agar supaya dapat memberi  pengaruh yang positif dan dampak yang dirasakan secara nyata dan terukur dalam perkembangan kehidupan masyarakat kedepan. Dikatakan, secara lahiriah MTQ mempertemukan para kafilah untuk berlomba mengeluarkan kemampuannya yang ada untuk memperoleh hasil terbaik, namun pada hakekatnya bukan persoalan menang atau kalah namun yang paling penting bagaimana memupuk jiwa Qur’an dalam diri kita   setiap individu yang disentuh dengan berbagai macam alunan nada yang merdu dan menumbuhkan rasa ukhuwah Islamiyah sebagaimana difirmankan oleh Allh swt.

Sebelum mengakhiri sambutan,  Wakil Bupati menyampaikan ucapan selamat kepada Kafilah yang telah mencapai hasil terbaik dan keluar sebagai pemenang, semoga apa yang telah diraih hari ini dapat dimanfaatkan untuk agama, dan Bangsa , sedangkan yang belum berhasil meraih juara Wakil Bupati berpesan untuk memupuk rasa saling mengenal  dan mempelajari keunggulan dan kelebihan  masing-masing serta menerima dan menghargai hasil keputusan dewan Juri dan dewan hakim secara ikhlas dengan mengedepankan solidaritas. Di akhir  sambutan,  Wakil Bupati  Yohana Dina hindom menutup secara resmi pelaksanaan MTQ dengan ucapan alhamdulillah  “Alhamdulillahirrabbil  A’alamin Saya menutup secara resmi Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-X  Tingkat Kabupaten Fakfak tahun 2023” diiringi bunyi Sirine dan  tepuk tangan yang meriah dari para Kafilah dan para hadirin.

Pada kesempatan tersebut, yakni  sebelum Wakil Bupati member sambutan dan menutup secara resmi pelaksanaan MTQ ke-X Tahun 2023 telah dibacakan pembacaan Surat Keputusan  Dewan Hakim tentang  Penetapan Juara Kesatu, Juara Kedua dan  Juara Ketiga serta Juara Umum MTQ ke X Tingkat Kabupaten Fakfak Tahun 2023 dilanjutkan dengan  penyerahan Piala dan Hadiah kepada para peraih juara. Tampil sebagai Juara Umum I  yaitu DIstrik Pariwari dengan jumlah Nilai 54 , Juara Umum II  Distrik Fakfak  dengan total Nilai 53 dan Juara Umum III Distrik Fakfak Tengah dengan jumlah Nilai 35. Dan Pada ksemepatan yang sama juga diumumkan  Tuan Rumah Pada Pelaksanaan  MTQ  ke- XI  tahun 2025 yaitu di Distrik Fakfak Timur Tengah.

Turut memberikan sambutan sebelum  Wakil Bupati  memberikan sambutan dan menutup secara resmi  MTQ Ke –  X  Tahun 2023  yaitu Kepala Distrik Wartutin Hasan Woretma S.Ip  selaku tuan rumah  yang menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah daerah yang telah menunjuk dan memberikan  dukungan kepada Distrik wartutin sebagai Tuan Rumah serta ucapan terima kasih kepada  semua pihak yang  telah  berpartisipasi atas  suksesnya penyelenggaraan MTQ ke-X Tahun 2023. Sambutan juga disampaikan oleh Ketua LPTQ Kabupaten Fakfak   Drs. H. Nasrun P Elake  yang  juga menyampaikan  ucapa terima kasih kepada pemerintah daerah maupun kepada seluruh komponen masyarakat  sehinga  pelaksanaan MTQ dapat berjalan dengan  lancar dan sukses, selain itu  Ketua LPTQ juga menyampaikan pesan  kepada  semua yang hadir untuk menjaga dan memegang teguh serta menjunjung tingi  Budaya Satu Tungku Tiga Batu  serta agar menghilangkan semua perbedaan diantara kita, karena menurut Ketua LPTQ, kita satu dalam satu tujuan yaitu sama-sama kita Bangun Tanah Baham yang kita cintai. Sukses MTQ  juga ditandai  partisipasi dukungan masyarakat baik umat muslim maupun umat kristiani   pada saat sebelum maupun saat  pelaksanaan,  termasuk saat pembukaan dan penutupan  masyarakat Distrik wartutin begitu antusias untuk datang  menyaksikan langsung  di  arena utama  halam sekolah SD Inpres Kampung werpigan yang cukup luas. Sehingga menambah kemeriahan pelaksanaan MTQ ke-X Tingkat Kabupaten Fakfak.

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kalender
April 2024
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930