KEGIATAN

DISKOMINFO Fakfak Melaksanakan Bimbingan Teknis Aplikasi “siMaya”

Bertempat di Aula DPPKAD Kabupaten Fakfak, Selasa (30/7/2019) Pukul 09.00 Wit Dinas Komunikasi dan Informatika, Stastetik dan Persandian Kabupaten Fakfak melaksanakan bimbingan teknis Aplikasi Sistim Administrasi Perkantoran Maya (siMaya).

Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Fakfak yang di Wakili Kabid Kominfo, Nyampen S.Sos dalam arahannya mengatakan bahwa pelaksanaan bentuk Aplikasi Perkantoran Maya (siMaya) telah di buka oleh, Bupati Fakfak yang di Wakili oleh Sekda Kabupaten Fakfak Bapak Drs. Ali Baham Temongmere, M.TP.
Pada tanggal 29 Juli 2019 sekaligus pada saat kegiatan Sosialisasi Penyelengaraan Urusan Bidang Kominfo dalam rangka penerapan e-Goverment di Kabupaten Fakfak.

“Bentuk kegiatan Pada hari ini merupakan suatu rangkaian kelanjutan sosialisasi penerapan e-Goverment di Kabupaten Fakfak, kalau berbicara terkait penerapan e-Goverment proses admistrasi perkantoran pemerintahan moderen sudah harus menggunakan tata naskah dinas elektronik administrasi perkantoran berbasis aplikasi.

Banyak manfaatnya dari pengunaan aplikasi ini dalam pelayanan pemerintahan melalui pengunaan teknologi aplikasi dan komunikasi guna meningkatkan pelayanan yang lebih efesiensi dan efeksitifitas dalam proses kerja baik waktu dan biayanya.

Karena selama ini surat menyurat di masing-masing OPD masih secara manual dan sering mengalami beberapa kendala, seperti kadang kesulitan untuk menelusuri apakah surat itu sudah dikirim atau belum, dan kesulitan untuk mencari arsip surat apakah masih tersedia atau tidak,

Dalam hal ini nanti akan di gantikan dengan Salah satu aplikasi yang di sediakan oleh kementrian KOMINFO yaitu aplikasi siMaya (Sistim Administrasi Perkantoran Maya) atau penyelenggaraan surat menyurat secara elektronik. dengan mengunakan aplikasi ini sangat bermanfaat yang nanti bisa di rasakan misalnya sistim pengarsipan menjadi lebih hemat waktu yang di gunakan bisa lebih singkat, penelusuran berkas-berkas bisa semakin lebih cepat”. Tutur Nyampen.

Begitu juga disampaikan oleh Plt. Kabid persandian dan statistik Erwin Dwiputra, S.Sos, M.si kepada peserta agar dapat mengikuti bimtek ini dengan sebaik baiknya, karena diharapkan setelah Pelaksanaan bimtek ini aplikasi Simaya sdh dapat di operasionalkan di OPD masing-masing. Karena dengan telah di launching dan diterapkan aplikasi Simaya ini maka kabupaten Fakfak merupakan Kabupaten pertama di provinsi Papua barat yang telah menerapkan aplikasi administrasi perkantoran maya yang merupakan bentuk nyata dalam rangka mewujudkan penerapan pemerintahan elektronik atau e-Goverment.

Untuk diketahui Sebagai Narasumber Bimbingan Teknis Aplikasi Sistim Administrasi Perkantoran Maya (siMaya).

(1). IVAN SAHREZA, yaitu pengelola aplikasi siMaya Kemenkominfo.

(2). ICHWANUL, Muslimin dari KemenKominfo.

Di samping BIMTEK Aplikasi siMaya, Dinas KOMINFO juga melakukan BIMTEK PNS BOX kepada aparat Dinas KOMINFO terkait manajemen server dan jaringan informasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close